fbpx

Wisata Edukasi di Museum Taman Narmada: Menjelajahi Peradaban dan Budaya NTB

Wisata Edukasi di Museum Taman Narmada: Menjelajahi Peradaban dan Budaya NTB – Destinasi wisata Lombok tidak hanya pantai, gunung, dan juga spot foto. Ada referensi tempat wisata lain yang wajib dikunjungi seperti Museum Taman Narmada.

taman narmada

Museum Taman Narmada sangat istimewa karena tempat wisata ini tidak hanya indah dan menyejukkan mata, tetapi juga memiliki tujuan pengembangan yang berbeda dari yang lain.

Tujuan utama dibangunnya taman ini adalah meniru Gunung Rinjani. Dengan kata lain, taman ini merupakan miniatur Gunung Rinjani.

Tempat ini merupakan tempat wisata yang nyaman untuk liburan akhir pekan. Selain itu, nilai sejarah taman ini dapat memberikan wawasan pendidikan bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang wisata taman ini, simak informasi berikut seputar sejarah taman yang indah berikut ini.

Sejarah Museum Taman Narmada

Taman Narmada merupakan tempat wisata di Lombok berupa taman yang dibuat oleh Kerajaan Mataram yang dikenal sebagai mini tiruan dari Gunung Rinjani. Wisata taman ini berlangsung di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada.

Narmada sendiri merupakan nama salah satu anak sungai Gangga di India. Kata “Narmada” berarti sumber kehidupan atau mata air. Taman seluas kurang lebih 3 hektar ini pertama kali ditata sekitar tahun 1727. Jadi, umur taman ini sudah mencapai ratusan tahun.

Karena sudah tidak kuat lagi untuk mendaki Rinjani, raja yang berkuasa saat itu memerintahkan anak buahnya untuk membangun replika Rinjani. Jadi raja hanya perlu mengucapkan doa dari taman ini sementara para pelayan mengucapkannya pada upacara pengorbanan. Upacara kurban ini berlangsung di Segara Anaki.

Daya Tarik Museum Taman Narmada

Objek wisata kali ini lebih berfokus pada tempat-tempat bersejarah di taman ini.

Bale Terang

Situs Bale Terang merupakan rumah gaya yang bagian bawahnya digunakan sebagai gudang, sedangkan bagian atasnya berupa kamar-kamar. Bagian atas bangunan ini terdiri dari 3 bagian yaitu 2 ruangan di sisi utara dan selatan. Kedua kamar itu adalah kamar permaisuri dari Lombok dan Bali.

Pura Narmada

Titik tertinggi dari taman ini adalah tempat dibangunnya Pura Narmada. Bentuk candi ini menyerupai rumah bertingkat. Dan tahukah Anda, pura ini ternyata merupakan salah satu pura tertua yang ada di Lombok.

Balai Petirtaan

Tempat ini merupakan sebuah kolam yang airnya berasal dari mata air Gunung Rinjani. Kolam suci ini merupakan titik pertemuan dari tiga sumber air Suranadi, Lingsar dan Narmada. Dipercaya bahwa air kolam suci ini membuat awet muda. Banyak pengunjung yang datang ke Balai Tirtaan hanya untuk membasuh muka, berwudhu, bahkan ada yang meminumnya.

Namun, ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi tempat suci ini. Pertama, semua pengunjung wajib mengenakan selendang berwarna kuning. Kedua, pengunjung wanita tidak diperbolehkan memasuki area ini saat menstruasi.

Area Taman Hijau

Taman di sini bukan hanya satu, melainkan tiga taman dengan nama yang berbeda. Di sisi barat daya terdapat Taman Bidadari. Di sebelah timur adalah Taman Gandari. Dan di sisi selatan terletak Kebun Peresak.

Kolam Padmawangi

Tempat ini dulunya merupakan kolam renang khusus wanita. Tempatnya tidak jauh dari Bale Terang. Biasanya raja mengawasi gadis-gadis yang sedang mandi dari atas Bale Terang. Jika ada seorang pelayan yang menarik perhatian raja, dia akan menjadi selir.

Telaga Ageng

Ini adalah kolam terluas di Narmada. Kolam ini dibuat sebagai model miniatur oleh Segara Anak. Danau ini merupakan pengganti untuk melakukan upacara keagamaan. Di sini raja berdoa kepada para dewa. Saat ini Telaga Ageng masih dalam kondisi sangat baik.

Banyak wisatawan yang menggunakan tempat ini untuk berfoto. Ada juga permainan Flying Fox yang bisa Anda gunakan untuk meluncur melintasi danau ini.

Kolam Renang Ikan Duyung

Ini adalah kolam alami untuk umum. Dibangun sekitar tahun 1967, kolam ini masih sangat bagus. Anda bisa berenang di sini, air kolam berasal dari mata air pegunungan. Meski dingin, tapi sangat menyegarkan.

Saluran Air Tuntang Tungkek

Lokasi pembangunan saluran air ini bukanlah peninggalan Kerajaan Mataram di Lombok. Sebaliknya, itu adalah warisan infrastruktur kolonial Belanda. Saluran air ini merupakan bagian dari sistem irigasi yang mendukung lahan pertanian dua desa sekitarnya. Bentuknya unik sehingga sering menjadi spot foto.

Fasilitas di Museum Taman Narmada

fasilitas

Dari segi fasilitas, taman ini memiliki fasilitas yang sempurna. Tentunya penerapan fungsi ini untuk kenyamanan para pengunjung. Lahan parkir di taman wisata ini cukup memadai dan juga luas. Kawasan ini mampu menampung puluhan mobil, sepeda motor, minibus bahkan bus pariwisata.

Toilet wajib ada dalam taman ini. Kemudian fasilitasnya berikutnya terdapat gazebo. Fasilitas yang satu ini biasanya menjadi tempat peristirahatan para wisatawan.

Ada juga kolam renang di sini. Spa ini terbuka untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Akan tetapi khusus untuk anak-anak sebaiknya sering mendapat pengawasan agar tetap aman.

Harga Tiket Masuk Museum Taman Narmada

Untuk masuk ke Museum Taman Narmada ini, tak perlu keluarkan biaya yang banyak. Harga tiket masuk objek wisata ini sangat terjangkau. Berikut harga terbarunya:

  • Tiket masuk wisatawan lokal = Rp 10.000/orang
  • Tiket masuk wisatawan asing = Rp 30.000/orang

Harga tiket di atas hanya berlaku pada hari kerja. Harga tiket cenderung meningkat pada akhir pekan dan hari libur nasional. Dengan harga tiket yang cukup murah ini, tentunya Anda juga bisa menggunakan budget Anda untuk perjalanan lainnya.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Taman Narmada

Alamat lengkap objek wisata ini adalah Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Jarak tempat ini dari Kota Mataram hanya 13 km. Waktu tempuh rata-rata sekitar 15 menit. Cara termudah untuk mencapai tempat objek wisata ini adalah melalui Jalan Raya Mataram Labuhan Lombok. 

Jalur alternatif lainnya adalah melalui Jalan Raya Mataram Sikur. Tempat ini dapat diakses dengan transportasi umum. Namun, akan lebih nyaman dan cepat jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Operasional Museum Taman Narmada

Museum Taman Narmada ini buka setiap hari, termasuk Hari Libur Tanggal Merah, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Jika Anda ingin mendapatkan liburan terbaik, Anda bisa hubungi Jasa Travel kami, dan dapatkan paket wisata Lombok dari PasTravelindo. Jasa travel dan tour terpercaya di medan.

Aisya Salsabila
Aisya Salsabila