fbpx

Sumber Maron Malang: Wisata Alam Tersembunyi di Tengah Hutan

Sumber Maron Malang: Wisata Alam Tersembunyi di Tengah Hutan – Salah satu wisata terhits pada tahun 2022 adalah sumber air. Sejumlah sumber air yang unik adalah Sumber Maron Malang. Mata air Maron sedikit berbeda dengan sumber mata air lainnya.

Berada di Kabupaten Malang, sumber air ini unik karena memiliki sungai yang bisa digunakan untuk river tubing. Pedesaan Sumber Maron menawarkan suasana liburan yang berbeda. Kegiatan seru di tempat wisata alam yang indah merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi Sumber Maron Malang

sumber maron

Sumber Maron menawarkan wisata alam pedesaan di Malang yang masih asri. Tempat wisata ini terletak di Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Sebelum menjadi destinasi wisata alam, Sumber Maron merupakan kawasan budidaya kangkung bagi masyarakat setempat. Seiring berjalannya waktu, Sumber Maron mulai menyadari potensinya untuk menjadi destinasi wisata alam.

Sumber Maron Malang semakin populer di kalangan wisatawan karena banyaknya pilihan. Tidak hanya wisatawan dari sekitar Malang saja, wisatawan dari luar daerah juga tidak mau ketinggalan untuk menikmati keindahan Sumber Maron.

Aktivitas Seru di Sumber Maron Malang

Sumber Maron adalah paket yang sempurna untuk tujuan wisata alam. Kawasan Sumber Maron dikelilingi sawah hijau. Selain itu, air terjun dan pemandian yang menyegarkan. 

Setiap langkah Sumber Maron terasa nikmat dipandang mata. Tak heran jika Sumber Maron selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bepergian ke kota yang dingin dengan suasana yang asri akan membuat tubuh Anda lebih segar.

Sumber Maron dapat memaksimalkan potensi alamnya dengan fasilitas yang ada. Fasilitas tersedia untuk mendukung berbagai aktivitas seru yang dibutuhkan pengunjung. Penasaran apa saja hal seru yang bisa dilakukan di Sumber Maron?

1. Berenang

berenang

Aktivitas umum dalam wisata sumber air ialah berenang. Sumber Maron memiliki kolam untuk berenang, mandi atau sekedar bermain air di sekitar. Anda bisa merasakan kesegaran air sambil menikmati pesona alam di sekitar Sumber Maron.

Sebagai destinasi wisata spa alami, kolam Sumber Maron memiliki struktur yang tidak rata. Struktur dasar kolam bergerak ke tengah, air menjadi lebih dalam. Itu sebabnya Anda harus berhati-hati saat berenang, jangan di tengah.

Anda juga dapat menyewa ban untuk berenang demi keamanan. Harga sewa ban kecil Rp 3.000 per unit. Sedangkan harga sewa ban besar Rp 7.000 per unit.

2. Bermain di Bawah Air Terjun

2

Selain kolam, Sumber Maron Malang juga memiliki beberapa potensi alam yang tidak begitu menarik. Sumber Maron memiliki air terjun menyegarkan yang tidak besar. Anda bisa bermain air dan menikmati pemandangan air terjun kecil dari bawah.

Berada di kawasan Sumber Maron Malang, air terjun ini terbilang kecil karena tingginya hanya 5 meter. Meski tidak besar, air terjun ini juga merupakan tempat yang bagus untuk bersenang-senang. Masyarakat setempat menyebut air terjun kecil ini Grojogan Sewu.

Air terjun pedesaan yang indah ini cukup ramah anak karena airnya tidak terlalu dalam. Namun pengunjung dengan pengawasan anak harus tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. River Tubing

river tubing

Jika Anda menyukai aktivitas yang menantang dan memacu adrenalin, tidak ada salahnya mencoba river tubing. River tubing atau penyeberangan sungai pada umumnya menjadi hobi yang populer saat ini. 

River tubing bisa dimulai di kaki air terjun. Anda dapat menikmati river tubing hanya dengan berbaring telentang di atas ban yang mengalir sekitar 500 meter menyusuri sungai dengan air.

River tubing Sumber Maron tidak hanya menawarkan sensasi yang mengasyikkan. Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan di sekitar sungai. Ada biaya Rp 10.000 per orang untuk river tubing. Harganya semurah sewa ban, jadi tidak perlu khawatir tenggelam atau kebasahan. 

4. Flying Fox

Flying fox di Sumber Maron Malang

Aktivitas favorit para pengunung adalah Flying Fox. Seperti wisata alam pada umumnya, Flying Fox tidak pernah kehilangan nilainya. Dibandingkan aktivitas lainnya, Flying Fox selalu menjadi kendaraan dengan antrian terpanjang. 

Flying fox Sumber Maron memiliki ciri khusus. Anda akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan saat Anda terbang di atas sawah hijau. Pemandangan pedesaan yang indah dari atas akan memukau Anda dan Anda akan turun ke sungai kecil yang sejuk.

Harga Flying Fox cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 sudah termasuk perlengkapan Flying Fox seperti body armor dan helm. Dengan sedikit biaya, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah.

Fasilitas di Sumber Maron Malang

Sumber Maron mengutamakan kegiatan yang mengeksplorasi sumber air yang pada akhirnya menyediakan air bagi pengunjung. Karena itu, pengelola Sumber Maron tak lupa menyediakan kamar mandi dan ruang ganti.

Jika Anda lelah bermain air basah di area renang, Anda tidak perlu repot keluar dari area Sumber Maron untuk mengisi perut yang keroncongan. Kawasan Sumber Maron memiliki beragam warung murah yang bisa Anda coba menu lezatnya.

Ada sumber energi yang menarik di Sumber Maron. Aliran yang mengalir ke Sumber Maron menggunakan energi mikrohidro yang dihasilkan oleh masyarakat setempat. Jika Anda berasal dari luar kota, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Di sekitar Sumber Maron terdapat banyak wisma tempat Anda bisa beristirahat setelah bersenang-senang. 

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Sumber Maron Malang

Dengan dana terbatas, Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam. Anda bisa menjelajahi pesona wisata alam di Sumber Maron tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dengan uang yang sedikit Anda bisa menjelajahi Sumber Maron sepuasnya, menyenangkan bukan?

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjelajahi semua aktivitas air di Sumber Maron. Harga tiket yang dikenakan kepada pengunjung sangat terjangkau sekitar Rp 5.000 per orang.

Jika membawa kendaraan sendiri, biaya parkirnya juga tidak mahal. Untuk sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 per sepeda motor. Sedangkan jika membawa mobil dikenakan biaya Rp 5.000 per mobil.

Sumber Maron yang mengutamakan pemandian dan air terjun memiliki jam buka khusus. Sumber Maron Malang terbuka untuk pengunjung dari Senin hingga Minggu.

Jam buka Sumber Maron mulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 18.00. Jam buka Sumber Maron Malang dibatasi untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Rute Perjalanan Menuju Sumber Maron Malang

Menuju Sumber Maron cukup mudah dan kondisi jalannya bagus. Melewatkan kota Malang, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan mobil pribadi. Jika datang dengan kendaraan pribadi, beloklah ke Gondanglegi untuk bergabung dengan jalan menuju Sumber Maron.

Setelah itu dilanjutkan ke Desa Karangsuko dan mencari SDN 2 Karangsuko. Kemudian ikuti jalan tersebut hingga menemukan tempat Sumber Maron.

Jika menggunakan angkutan umum, cara terbaik adalah naik angkot dengan kode AG, GL, LG atau GA dari Kota Malang dan turun di Terminal Hamid Rusdi. Kemudian naik angkot lagi dan turun di Gondangleg. Kemudian naik ojek selama 10 menit untuk mencapai Sumber Maron.

Berwisata ke Sumber Maron Malang tidak hanya bermanfaat untuk healing, tetapi juga cocok untuk seru-seruan. Segera rencakanan perjalanan mu ke Sumber Maron Malang melalui website PasTravelindo. Jasa travel dan tour terpercaya di medan.

Aisya Salsabila
Aisya Salsabila