fbpx

Menyusuri Candi Borobudur: Wisata Sejarah yang Mengasyikkan di Indonesia

Menyusuri Candi Borobudur: Wisata Sejarah yang Mengasyikkan di Indonesia – Candi Borobudur adalah salah satu warisan dunia yang paling terkenal di Indonesia. Iini merupakan destinasi wisata sejarah yang tidak boleh di lewatkan.

Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini merupakan situs Buddha terbesar di dunia dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Sejarah Candi Borobudur

Candi ini didirikan pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra yang memerintah di Jawa Tengah pada masa itu. Dibangun dengan menggunakan batu vulkanik tanpa perekat sekali pun. Candi ini menjadi bukti kecemerlangan teknik dan keahlian bangunan pada zaman dahulu.

Candi Borobudur memiliki struktur berbentuk stupa dengan tinggi sekitar 30 meter dan dihiasi dengan 2.672 panel relief yang menceritakan kisah-kisah kehidupan Buddha. Tak hanya itu, candi ini juga dihiasi dengan 504 arca Buddha yang berada di dalam stupa-stupa kecil.

Candi Borobudur tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha, tetapi juga menjadi saksi bisu perjalanan spiritual dan simbol keagungan agama Buddha. Setiap tahun, pada saat perayaan Waisak, ribuan umat Buddha datang ke candi ini untuk melakukan ritual persembahan dan memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Buddha.

Sebagai salah satu peninggalan sejarah terbesar di dunia, Candi Borobudur telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kekaguman terhadap keindahan bangunan candi ini terus menarik wisatawan untuk datang dan menyaksikan sendiri keindahannya.

Harga tiket masuk dan jam buka

Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur, Anda diharuskan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk dapat bervariasi tergantung pada kewarganegaraan dan waktu kunjungan. Secara umum, tiket masuk untuk wisatawan domestik biasanya lebih murah dibanding tiket masuk untuk wisatawan mancanegara.

Untuk saat ini, harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan domestik :

  • Usia 10 tahun ke atas : Rp 50.000
  • Usia 3-10 tahun : Rp 25.000
  • Kelompok pelajar atau mahasiswa lokal : Rp 25.000 (Tarif khusus romboongan berlaku minimal 20 orang dengan syarat ada surat pengantar dari sekolah atau universitas)

Harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara

  • Usia 10 tahun ke atas : Rp 372.450/ 25 dolar AS
  • Usia 3-10 tahun : Rp 224.070/ 15 dolar AS
  • Kelompok pelajar atau mahasiswa asing : 15 dolar AS (Tarif khusus rombongan tersebut berlaku dengan syarat memiliki kartu pelajar yang valid.)

Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Namun, jika Anda yang ingin menikmati keindahan sunrise di candi ini, tersedia juga opsi tiker masuk khusus Anda yang ingin masuk lebih awal sekitar puku 04.30 pagi.

Selain tiket masuk reguler, terdapat juga pilihan paket wisata yang mencakup pengantar wisata, pemandu, dan fasilitas lainnya. Paket ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap dan terorganisir saat mengunjungi Candi Borobudur.

Jarak tempuh wisata

Candi borobudur terletak sekitar 40 km di sebelah barat daya Yogyakarta, Jawa Tengah. Untuk menempuh candi ini, terdapat beberapa opsi transportasi yang dapat digunakan. Salah satu opsi adalah menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Dari pusat Yogyakarta, Anda dapat mengikuti rute menuju Magelang melalui Jalan Malioboro, lalu melanjutkan perjalanan ke arah barat daya menuju Candi Borobudur. Waktu tempuh perjalanan ini biasanya sekitar 1-2 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan taksi atau layanan transportasi online yang tersedia di Yogyakarta. Menggunakan taksi atau layanan transportasi online memberikan kemudahan karena Anda tidak perlu khawatir tentang arah dan parkir kendaraan.

Terdapat juga tur wisata yang mengorganisir perjalanan ke Candi Borobudur. Tur ini biasanya mencakup transportasi dari Yogyakarta ke Candi Borobudur, pemandu wisata, dan fasilitas lainnya.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau tur wisata, alternatif lain adalah menggunakan kereta api. Anda dapat naik kereta api dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Magelang. Setelah tiba di Stasiun Magelang, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur dengan menggunakan taksi atau angkutan umum seperti becak atau ojek.

Perjalanan menuju candi ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena di sepanjang jalan Anda dapat menikmati pemandangan pedesaan yang indah. Pastikan untuk Anda mengikuti petunjuk arah, dan memperhatikan kondisi lalu lintas agar perjalanan Anda berjalan lancar dan nyaman.

Jelajahi keindahan Candi Borobudur dan dapati paket wisata Yogykarta di PasTravelindo. Jasa travel dan tour terpercaya di medan.

Aisya Salsabila
Aisya Salsabila